Sabtu, 14 Agustus 2010

ba'diyah Shubuh

Romadhon memang rrruuaaarrrr biasa. mampu menaikkan kadar keimanan secara instan. mungkin ini termasuk salah satu barokah Romadhon. 

yang gak pernah setor muka ke masjid... mulai nampak sekali dua di waktu2 shalat. yang biasanya jarang nampak, sekarang dah hadir tiap waktu. Alhamdulillah.... semua pada datang awal waktu, ngerjakan shalat qabliyah terus duduk sambil manggut2.... mudah2an zikir...(iya kan), nunggu masuk waktu. habis shalat fardhu... semua pada ngerjakan shalat ba'diyah..... ada yang nunggu sampe imam selesai baca do'a baru ngerjain ba'diyah shalat fardhu ada juga yang sendiri2 sebelum imam selesai baca do'a. 

kemaren abis shubuh, sambil duduk zikir2 rame2 sama imam, aku senyum2 sendiri... soale ada yang berdiri ngerjakan shalat ba'diyah shubuh sendirian... qi qi qi.... ini dia yang lagi naek Iman nya tapi gak punya ilmu sholat...paling nggak ilmu fikih tentang sholat lah. mestinya sebelum beramal kan mesti ada ilmunya dulu... termasuk shalat. mesti tau dulu syarat dan rukun shalat, waktu2 shalat, waktu2 yang dilarang untuk mengerjakan shalat, de el el tentang syariat shalat... baru diamalkan.... kan gitu....

itulah makanya menuntut ilmu adalah WAJIB 'AIN untuk tiap2 muslim dan muslimat... gak bisa diwakilkan. sejak dari buaian sampe liang lahat (wong yang udah mati and udah ditimbun quburnya aja masih di ajarin koq. dikasi tau a sampe z apa2 yang bakal di alaminya). terus nabi juga nyuruh untuk belajar sampe ke negri cina and banyak lagi hadis Baginda Nabi SAW yang nyuruh untuk  Al-Quran juga ngasitau soal menuntut ilmu dan pengetahuan dan derajat orang2 yang ber ilmu. coba aja liat QS. Al-Isra' : 36,   QS. Al-Mujadilah: 11,   QS. Az-Zumar: 9,    QS. Ar-Ra’d: 19,   QS. Al-Hasyr: 20.

tadi pagi.... bapak itu ya bediri lagi and ngerjakan ba'diyah shubuh.... berarti para ustadz sama tukang masjid belon pada ngasitau ni... kataku dalam hati. ini tantangan untuk nyampaikan ke bapak itu. soale bapak itu termasuk pemuka masyarakat and sering kasi fatwa.... tapi agak sulit nerima saran apalagi koreksi...plus agak tempramental..... nanti malam coba dulu disampaikan lewat kultum sebelum tarawih... ada efeknya nggak.... kalo nggak ya terpaksa disampaikan langsunglah... iya kan... he he he.... kata hadis kalo ada yang gak pas, robah dengan tangan atau kata2 atau ........ dalam ati.....(ini yang iman kategori  lemah). moga2 aja ALLAH bukakan qalbi kita semua supaya dapat menerima segala kebaikan di Romadhon ini and semoga pula ALLAH ridho dengan semua ibadah kita.... Amin. 

2 komentar:

  1. Katakanlah yang haq walau pahit adanya 9baik pahit untuk yang disampaikan maupun yang menyampaikan)

    wa tawa shoubil haqqi wa tawa shoubish shobr
    Samapikanlah yang haq, serta dengan kesabaran

    BalasHapus