Rabu, 11 Agustus 2010

masjid kuburan

dari mulai aku masih kecil sampai dah mulai menua (...he he he...) sekarang ini, telingaku memang terbiasa mendengar suara ngaji ( orang baca Qur'an) di masjid. perasaanku.... semua masjid memang sah - sah aja untuk memperdengarkan suara ngaji.  apakah orang nya langsung ngaji ataupun kaset ngaji.  dimana - mana aku berdomisili (aku sering pindah2 lokasi kerja), masjid nya ya buka suara ngaji. terutama dekat masuk waktu magrib ataupun subuh, apalagi pas bulan puasa. aku rasa ya memang bermanfaat untuk siap2 sebelum sholat. di waktu puasa ya manfaat banget ngebangunin orang2 untuk sahur. tapi..... di komplek tempat aku tinggal sekarang ini tak sama lah yaw.... masjid2 lain disekitar komplek ada suara ngajinya tapi dimasjid komplek kami tak ada.... senyap2 je.... langsung azan and qomat.  pas puasa... ya sama aja..... senyap... tau2 azan subuh....

mamak2  komplek pernah hampir demon gara2 gak ada suara ngaji tu... tapi keburu bocor ke pak RT. di bujuk pak RT lah mamak2 tu.... batal demon.

yasinan juga tak ada... tahlilan ada tapi sekedarnya aja... itupun kalo takziah aja. kalo sholat ya do'a masing2... jadi kalo ada anak2 yang belum ngerti cara do'a ya musti nanya di rumah la... qunut....ya pasti tak dibaca.....BID'AH katanya....... aku pernah ketemu pak RT and nanya kenapa kek gitu. pak RT nyantai aja jawab :  "kita mau MELURUSKAN AQIDAH". wahhhhh... aku jadi takjub banget.... berarti semua mesjid yang ada suara ngajinya tu salah aqidahnya.... kata ku lagi ke pak RT... dia lengos aja...

tapi sebetulnya masjid komplek kami tu banyak juga kegiatannya... ngaji tafsir mamak2... ngaji fikih mamak2... ngaji Qur'an mamak2... ngaji umum mamak2... arisan mamak2 di mesjid sambil ngaji ... sekali2 yasinan mamak2... semua kegiatan mamak2... bapak2....???????? MAEN GAPLE DI TEMPAT KONKOW2 SAMBIL NGOBROL BAHAS2 ..... sebetulnya kalo semua kegiatan mamak2 tu diperdengarkan keluar suara USTADZ nya... mungkin ada juga bapak2 yang pengin ikut ngaji... tapi ini tak boleh ada suara keluar dari masjid selain suara azan sama suara pak RT ngasi tau gotong royong... ajaib kan.... tapi ya udah lah.... wong pakar2 ilmu pengetahuan banyak banget disitu.... MSc, MH, MM, MPd, MSos, MT, DR, MEng, ntah apa lagi tuh... aku tak tau. petinggi2 juga banyak... boss di kantor pemko, boss di kantor pemprov, boss di bank, boss di akademis (maksud ku kampus), boss di kantor leveransir, boss di kontraktor, boss wiraswasta, boss ptp, pengurus partai, anggota legislatif.... pokoke komplek ku itu penghuninya elit2 lah, jadi orang tu yang ngatur2.... termasuk urusan masjid.... aku...??? wong aku pulang ke komplek ku itu seminggu sekali... ya ngikut aja.. yang tak cocok..??? ya nggak ikut... 

istriku yang sering komplen ke tukang masjid... aku ngomporin aja dikit2. ku bilang masjid kelen ni macam masjid kuburan... kegiatannya cuma orang dalam aja yang tau... ya pas macam orang di kuburan tu lah... di luar senyap pada hal di dalam riuh rendah aneka ragam siksa kubur... mudah2an Ramadhan ni ada perubahan lah.... supaya agak semangat sikit..... paling nggak ada suara orang tadarus kedengaran dari masjid.... (biarpun kata orang tu bid'ah.. tapi wong tarawih aja juga bid'ah... iya kan...) ahh entah lah... makin bingung aja jaman sekarang ni.... ntah mana yang mo di kerjakan... mua2 BID'AH katanya... LAKUM DINUKUM  aja lah.....

2 komentar:

  1. waduh si boss ngambek, pake lakum dinukum. emang dah beda agama, apa?
    tp mantaf jg jawaban pak rt, "meluruskan aqidah". emang qunut terkait dg penyembahan berhala, ya?

    BalasHapus
  2. ha ha ha ha.... Boss... mungkin tulisan agama di ktp sama jenis nya... tapi sembahan nya, nabi nya sama buku sucinya mgkn beda. kalo sama... wong yang aku kerjakan banyak yang di bilang bid'ah kog.... soal qunut... kalo menurutku lantaran orang2 itu belum tau bengkel kita aja.... bayangin aja Boss kalo 'qunut' nya di sita ama sang Pemilik...qi qi qi...

    BalasHapus